Wednesday, October 14, 2015

Kandungan Dan Manfaat Minyak Tasalah / Nyuwelai Matehu




Pendahuluan



Nyuwelain Matehu / Minyak Tasalah merupakan minyak kelapa murni yang dibuat setelah Imam Tuny (Imam Mesjid Negeri Mamala) mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, untuk mengatasi persoalan kayu-kayu yang patah saat pembangunan mesjid di negeri Mamala pada abad ke XVI. Untuk memperingati keberhasilan momen tersebut selanjutnya orang Mamala mengadakan acara pukul sapu lidi  (Ukuwala Mahiat) setiap tujuh Syawal, yang diadakan di halaman mesjid tersebut. Luka-luka akibat acara pukul sapu lidi selanjutnya di oleskan minyak tasalah / nyuwelain matehu, dan memberikan hasil penyembuhan yang baik. Istilah nyuwelain matehu / minyak tasalah menjadi populer setelah minyak tersebut memberikan hasil yang optimal saat  digunakan untuk masyarakat yang mengalami tasalah (gangguan-gangguan pada otot dan tulang akibat trauma / kecelakaan). Seiring dengan perkembangan penyakit di tengah-tengah masyarakat, banyak di antaranya yang mengkonsumsinya dengan berharap penyembuhan atas keberkahan dari minyak tasalah tersebut dan berhasil.

Nyuwelain matehu atau minyak tasalah merupakan minyak kelapa murni yang sama dengan minyak Virgin Coconut Oil (VCO), perbedaannya hanya terletak pada prosesi pembuatannya yakni dengan menjalankan ritual Islam yang diajarkan oleh Imam Tuny dan diwariskan ke turunan beliau sampai saat ini.

Uraian selanjutnya didasari atas persaaman kandungan antara minyak tasalah / nyuwelain matehu dengan Virgin Coconut Oil yang juga merupakan minyak kelapa murni.
 

Begitu hebatnya minyak tasalah / nyuwelai matehu yang ditemukan oleh Imam Tuny. Sehingga Menimbulkan banyak pertanyaan apakah kelebihan dan kandungan dari minyak kelapa, yang merupakan bahan utama pembuatan minyak tasalah (nyuwelai matehu). Apakah hanya karena daya magis dari bacaan doa di dalamnya atau karena manfaat dari kandungan minyak kelapa yang merupakan bahan bakunya.

Prosesi Pembuatan Minyak Tasalah

Sebelum membahas manfaat minyak kelapa secara rinci, mari terlebih dahulu kita memahami komposisinya.

Komposisi Minyak Kelapa:


Minyak kelapa terdiri dari lebih dari sembilan puluh persen dari lemak jenuh (Jangan panik dulu), dan dengan beberapa jenis asam lemak tak jenuh, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Minyak kelapa murnipun tidak jauh berbeda; Asam lemak jenuh: Kebanyakan adalah zat trigliserida rantai menengah, yang seharusnya untuk mengasimilasi dengan baik; Asam laurat adalah kontributor utama, dengan tersedia  lebih dari empat puluh persen, kemudian diikuti oleh asam kaprat, asam kaprilat, asam miristat dan palmitat; Asam lemak tak jenuh ganda: Asam linoleat; Asam lemak tak jenuh tunggal: Asam oleat; Polifenol: kelapa mengandung asam galat, yaitu asam fenolat; Yaitu polifenol yang seharusnya bertanggung jawab atas aroma dan rasa minyak kelapa. Minyak kelapa murni kaya akan poli-fenol; Derivatif tertentu dari asam lemak lain seperti betain, ethanolamide, etoksilat, ester lemak, polisorbat lemak, monogliserida dan poliol ester; Klorida lemak; Vitamin-E , vitamin K dan mineral seperti zat besi.1



Minyak Tasalah yang sudah disiapkan dalam rangka Acara Pukul Sapu di Negeri Mamala



Manfaat minyak kelapa murni yang sebenarnya:

1.  Membantu Mempercepat Metabolisme Tubuh
Seperti yang telah di jelaskan diatas tadi bawasanya minyak kelapa murni ini mengandung rangkaian minyak jenuh sedang berantai yang mana akan bermanfaat bagi tubuh dalan hal memperlancar sistem metabolisme sehingga proses metabolisme akan lebih baik dan lancar

2. Dapat Membunuh Bakteri
Kandungan minyak kelapa murni ternyata juga mengandung adanya senyawa asam kaprilat, nah jenis dari senyawa ini dikenal bisa membantu dalam membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh kita.

 Mengobati Infeksi  Jamur; Minyak kelapa memiliki antimikroba, antivirus dan antijamur yang membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri, virus dan jamur. Ditambah lagi kelembaban dan kelembutan dari minyak kelapa, membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati berbagai jenis infeksi jamur. Minyak kelapa sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati infeksi jamur yang dikenal dengan "Candida". 

Penggunaan minyak kelapa murni pada kulit yang terinfeksi jamur "Candida" dapat membantu dari proses peradangan, kelembaban yang tinggi pada minyak kelapa juga menjaga kulit dari keretakan atau pengelupasan. Bagi penderita "Candida" diharuskan juga meningkatkan asupan minyak kelapa untuk mempercepat proses penyembuhan. 

3. Melindungi Kesehatan Jantung
Oleh karena minyak kelapa murni ini di dalamnya terdapat banyak kandungan asam laurat, maka dengan mengkonsumsinya dapat membantu tubuh dalam hal melindungi kesehatan jantung.karena keberadaan senyawa asam laurat akan membantu menurunkan kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh dan akan mengubahnya menjadi kolesterol baik.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah Dalam Tubuh
Manfaat minyak kelapa murni selanjutnya yaitu bisa mengontrol tekanan kondisi kadar gula darah dalam tubuh. Dalam hal ini disebabkan keberadaan minyak kelapa bisa meningkatkan kinerja insulin secara lebih dinamis serta efesien. Minyak kelapa juga diketahui dapat membantu mengendalikan gula darah dengan meningkatkan sekresi insulin. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Garvan Institut Riset Medis menemukan bahwa asam lemak rantai karbon sedang (medium) (Medium Chain Fatty Acids=MCFA) yang ada dalam minyak kelapa mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

Lemak pada minyak kelapa diserap ke dalam sel dengan mudah dan dengan mudah pula diubah menjadi energi. Proses ini meningkatkan sensitivitas insulin. Minyak kelapa juga mendorong pemanfaatan yang efektif dari glukosa darah, yang berperan penting dalam mencegah serta mengobati diabetes. 

Lemak yang terdapat dalam minyak kelapa dapat dikonsumsi pada penderita diabetes tanpa rasa takut. 

5. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular
Dalam sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi  minyak kelapa murni ini bisa menurunkan risiko tentang adanya penyakit kardiovaskular.

6. Membantu Tubuh Dalam Proses Penyerapan Nutrisi
Mengkonsumsi minyak kelapa murni serta Vitamin E secara tepat, bermanfaat untuk membantu dalam proses penyerapan nutrisi tubuh , sehingga tidak akan lagi ada gagal dalam mekanismenya
Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat baik untuk sistem pencernaan. Minyak kelapa membantu proses pencernaan dan juga mencegah berbagai masalah perut dan pencernaan seperti gangguan pencernaan, wasir dan sembelit. 

Kandungan asam lemak rantai karbon sedang (Medium Chain Fatty Acids=MCFA) dalam minyak kelapa membutuhkan lebih sedikit energi dan lebih sedikit enzim untuk memecah. Hal ini memungkinkan minyak lebih mudah dicerna dan diserap, yang sangat penting bagi orang yang menderita masalah pencernaan. 

Ditambah lagi, minyak kelapa membantu penyerapan nutrisi lain, seperti vitamin, mineral dan asam amino, yang membantu dalam proses pencernaan. 

Jika Kita mengalami berbagai masalah pencernaan, kita bisa menambahkan minyak kelapa pada makanan kita. Dalam beberapa hari kita akan mengalami peningkatan kesehatan pencernaan.

7. Membantu Tubuh dalam Meningkatkan kekebalan imun
Mengapa bisa meningkatkan kekebalan imunitas tubuh ? Dalam hal ini didasari oleh karena adanya kandungan alami dalam asam laurat

8. Membantu Menyehatkan kulit
Setiap orang sudah pasti menghendaki kondisi kulitnya bersih sehat dan halus sebagai solusi terbaik adalah dapat memanfaatkan minyak VCO ini dengan mengkonsumsinya sesuai takaran yang tepat secara rutin.

9. Menumbuhkan rambut
Apabila kondisi rambut rontok, botak dan kurang subur atau barangkali kondisi anak Anda kurang subur dalam hal pertumbuhan rambutnya Anda bisa memanfaatka minyak kelapa murni ini sebagai alternatif dalam proses penyuburan rambut. Sedangkan caranya cukup mudah tinggal mengoleskan minyak keseluruh rambut secara merata tentu dilakukan secara kontinyu sehingga menghasilkan rambut yang subur.

10. Menghapus 'Stretch Marks' 
Pelembab dan antioksidan yang dimiliki minyak kelapa secara efektif dapat mengurangi munculnya 'stretch mark'. Lemak jenuh yang sehat dalam minyak kelapa akan membantu memperkuat dinding sel kulit dan sifat antioksidan membantu melawan radikal bebas dan menyehatkan kulit yang rusak. 

Ketika memijat di daerah 'Stretch Marks' minyak kelapa diserap jauh ke dalam kulit dengan sangat cepat. Selain itu, minyak kelapa juga membantu mengobati berbagai masalah kulit termasuk psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya. 

Untuk mencegah atau mengurangi 'stretch mark', Kita dapat menggunakan minyak kelapa baik dari dalam maupun dari luar. 

Apa manfaat minyak kelapa murni untuk ibu hamil ? Manfaat atau kegunaan dari minyak kelapa murni terhadap ibu hamil adalah untuk membantu atau melancarkan ketika proses persalinan berlangsung secara normal.  Selain membantu proses persalinan kondisi bayi yang lahir juga akan terlihat lebih bersih kulitnya. Nah dalam mengkonsumsinya ketika sudah usia kehamilan menginjak 6 bulan, minumlah 1 sendok makan minyak kelapa murni ini setiap 2 minggu sekali. Selanjutnya setelah usia kehamilan delapan bulan bisa dikonsumsi setiap tiga hari sekali sedangkan cara meminumnya dengan takaran tetap yaitu 1 sendok makan. Lakukanlah sampai si ibu siap melahirkan. Setelah persalinan bayi berlangsung, biasanya kebanyakan kondisi perut si ibu akan berkerut-kerut, jelek dan kelihatan hitam, uantuk menghilangkan keadaan tersebut minyak kelapa asli ini bisa digunakan dengan di campur sama minyak zaitun, kemudian di oleskan pada kulit perut tatkala setiap habis mandi baik pagi atau pun sore hari. Dalam hal ini untuk mempercepat kembali pulihnya kondisi kulit perut ibu setelah melahirkan sehingga akan bersih kencang serta sehat.2

11. Melawan Penyakit Alzheimer 
Terdapat hubungan yang kuat antara mengkonsumsi secara teratur minyak kelapa dan pencegahan Alzheimer dan masalah otak lainnya. 

Studi kasus seorang dokter anak, Dr. Mary Newport juga menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat bermanfaat dalam mengobati penyakit Alzheimer. 

Hal ini diyakini bahwa rantai menengah trigliserida yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat meningkatkan kadar darah pada tubuh ketone, yang bekerja sebagai bahan bakar otak alternatif. Penelitian lebih lanjut dalam hal ini sekarang sedang berlangsung. 

Paling sedikitnya satu porsi sehari minyak kelapa akan meningkatkan fungsi kognitif dan memori bagi semua orang dari berbagai usia, termasuk juga para manula. 

12. Meningkatkan Kekuatan Tulang 
Minyak kelapa membantu penyerapan tubuh dari kalsium, magnesium, vitamin D, dan mineral penting lainnya. Kalsium dan magnesium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang. 

Telah ditemukan bahwa wanita paruh baya yang rentan terhadap osteoporosis secara signifikan dapat mengurangi risiko mereka dengan asupan minyak kelapa yang rutin. 

Para ahli kesehatan bahkan merekomendasikan memberikan ekstra minyak kelapa murni untuk anak-anak kecil agar meningkatkan kekuatan tulang mereka. 

13. Menurunkan Berat Badan 
Minyak kelapa sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Asam lemak rantai karbon sedang (Medium Chain Fatty Acids=MCFA) dalam minyak kelapa lebih pendek dan lebih larut dalam air dibandingkan kandungan yang terdapat dalam minyak lainnya seperti minyak zaitun atau canola. Sedangkan asam lemak rantai karbon sedang pada minyak kelapa langsung diserap ke dalam sel, yang berarti lemak dapat segera dibakar sebagai energi bukannya disimpan dalam tubuh. 

Telah ditemukan bahwa minyak kelapa sangat efektif dalam mengurangi akumulasi paling berbahaya dari lemak di dalam rongga perut dan di sekitar organ-organ dalam perut. 

Lebih jauh, minyak kelapa mudah untuk dicerna dan membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Karna semua alasan tersebut, beberapa ahli kesehatan merekomendasikan minyak kelapa untuk mereka yang mencoba menurunkan berat badan. 

Minyak Tasalah sebagai Perekat

Sebagian besar perekat yang digunakan dalam industri kayu komposit merupakan perekat sintesis, seperti Urea Formaldehida (UF), Phenol Formaldehida (PF), dan Melamin Formaldehida (MF). Perekat berbahan formaldehida merupakan perekat sintesis yang bahan bakunya diperoleh sebagai hasil olahan minyak bumi yang tidak dapat diperbaharui (Malloney, 1993).

Penggunaan perekat alami akhir-akhir ini mulai jadi perhatian karena selain dapat diperbarui juga tidak bergantung pada harga minyak bumi. Polifenol alami yang digunakan sebagai perekat di industri telah berlangsung sejak lama antara lain di Afrika Selatan dan Finlandia (Dix dan Marutzky dalam Kasim, 2007). 3

Begitu hebatnya karomah Imam Tuni yang diberikan Allah SWT, kebenaran ilmiah minyak tasalah / nyuwelain matehu yang berbahan dasar buah kelapa dapat dibuktikan secara ilmiah  dari penjabarannya yang sederhana saat ini.

Minyak Tasalah sebagai Minyak Urut

Potensi Oral Anti-Inflamasi

Minyak kelapa telah menunjukkan efek anti-inflamasi pada hewan percobaan, asam lemak dalam minyak kelapa mengurangi peradangan dengan merangsang produksi interleukin-10,yang merupakan anti-inflamasi yang kuat. Akibatnya mengonsumsi minyak kelapa murni dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit dari saraf panggul dan otot .

Potensi Topikal Anti-Inflamasi

Minyak kelapa merupakan pelembab yang sangat baik dan bekerja dengan baik pada semua jenis kulit. Lemak dalam minyak jarang menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Meskipun tidak didukung oleh penelitian ilmiah, memijat nyeri saraf panggul dengan minyak kelapa mungkin bisa memberi bantuan. jika nyeri saraf panggul vagina, minyak kelapa dapat digunakan dengan aman karena sifatnya yang anti bakteri dan anti jamur sangat membantu untuk memerangi infeksi yang dapat memicu nyeri saraf. Selain itu dapat digunakan sebagai campuran obat herbal yang biasa digunakan untuk mengurangi nyeri saraf siatik, yang merupakan saraf terbesar yang mengalir melalui panggul.

Rekomendasi

Minyak kelapa aman untuk dikonsumsi dalam jumlah seimbang dan berlaku untuk semua bidang panggul . Apakah itu bisa mengurangi saraf panggul?  tergantung pada banyak faktor, termasuk lokasi saraf dan penyebab rasa sakit. Sebagai contoh,jika saraf siatik anda terjepit, maka terapi manual seperti chiropractic atau fisioterapi mungkin akan jauh lebih efektif daripada mengkonsumsi atau menggunakan minyak kelapa. Di sisi lain, jika anda sakit disebabkan oleh saraf permukaan vagina anda, kemudian menggunakan minyak kelapa dapat memberikan bantuan langsung, terutama jika terkena infeksi.4

Simpulan:

Begitu hebatnya karomah Imam Tuni yang diberikan Allah SWT, kebenaran ilmiah minyak tasalah / nyuwelain matehu yang berbahan dasar buah kelapa dapat dibuktikan secara ilmiah  dari penjabarannya yang sederhana  saat ini.


Daftar Pustaka:
1. http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-minyak-kelapa-untuk-kesehatan-142.html
2. http://ikiopo.com/apa-manfaat-minyak-kelapa-murni-bagi-kesehatan-kita
3. repository.unhas.ac.id/.../Jurnal%20SG%20dan%20perekat%20fix.docx?
4. http://sehatluarbiasa.blogspot.co.id/2012/08/minyak-kelapa-untuk-nyeri-sakit-panggul.html

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.