BUDAYA DAN PERADABAN ISLAM
DI PULAU AMBON
Oleh: Husen Assagaf
Dalam tataran rana budaya
lokal Islam di Ambon terjadi konfigurasi antar agama dan budaya yang melahirkan
Upacara Ritual Ukuwala Mahiat (Pukul Sapu), Sebagai sebuah kearifan lokal (local
wisdom) dari masyarakat negeri Mamala terutama para pemimpinnya yakni Imam
Tuny, Latuliu, dan Patty Tiang Bessy. Peranan Imam Tuny sebagai seorang tokoh
agama dan ulama yang menyelesaikan persoalan kehidupan sosial keagamaan dengan
jalan mistisisme Islam. Dan dengan kesabaran dan kekuatan spritualitasnya, ia dapat
membuka tabir antara makhluk dan Sang Khalik untuk memohon dan berdoa
kepada-Nya. Sebuah pengalaman keagamaan ( religious experience) oleh Imam Tuny menghadirkan
nilai-nilai Ketuhanan (teosentris) dalam mewarnai Upacara Ritual Ukuwala
Mahiate (Pukul Sapu). Dengan demikian, maka nilai-nilai ketuhanan (teosentris)
dapat dibumikan dalam budaya-budaya Islam (antroposentris). Kehidupan
masyarakat Islam sudah terintegrasi dengan kultural lokal dan praktek keagamaan
yang masih ditemukan di dunia Islam hingga kini. Kehidupan keagamaan ini juga
ditemukan di daerah-daerah Islam di Timur Tengah dan daerah-daerah Islam di Indonesia.
Dan dengan kesabaran dan kekuatan spritualitasnya, ia dapat membuka tabir antara makhluk dan Sang Khalik untuk memohon dan berdoa kepada-Nya. Sebuah pengalaman keagamaan ( religious experience) oleh Imam Tuny menghadirkan nilai-nilai Ketuhanan (teosentris) dalam mewarnai Upacara Ritual Ukuwala Mahiate (Pukul Sapu). Dengan demikian, maka nilai-nilai ketuhanan (teosentris) dapat dibumikan dalam budaya-budaya Islam (antroposentris).
Agama
sebagai wahyu yang diturunkan Tuhan untuk manusia, fungsi dasar nya adalah
memberi orientasi, motivasi dan membantu manusia untuk mengenal dan menghayati
sesuatu yang sakral lewat pengalaman beragama (reiegious experience) yang
dengan itu manusia menjadi memiliki kesanggupan, kemampuan dan kepekaan rasa
untuk mengenal dan memahami eksistensi Sang Ilahi. Menurut Harun Nasution,
unsur-unsur penting yang terdapat dalam agama adalah : 1. Kekuatan gaib; manusia merasa dirinya lemah dan
berhajat kepada kekuatan gaib itu sebagai tempat minta tolong. 2.
Keyakinan
manusia bahwa kesejahteraan di dunia ini dan hidupnya di akhirat tergantung
pada adanya hubungan baik dengan
kekuatan gaib. 3. Respons yang
bersifat emosional dari manusia. Respons itu bisa mengambil bentuk perasaan
takut . 4.
seperti yang
terdapat dalam agama-agama primitif atau perasaan cinta seperti yang terdapat
pada agama-agama monotisme. 5. Paham adanya yang kudus (sacred) dan suci, dalam
bentuk kekuatan gaib.
Menurut
Koentjaraningrat, religi memang merupakan bagian dari kebudayaan (menghindari
istilah agama dan memakai istilah religi yang lebih netral) dan juga ada yang
mengatakan bahwa agama adalah semua sistem religi. Koentjaraningrat sepaham
dengan Emile Durkeim mengenai dasar-dasar religi yang dituangkan dalam bukunya
Les Formes Elementaires De la Vie Religieu se (1912). Menurut Koentjaraningrat,
tiap religi merupakan suatu sistem yang terdiri dari empat komponen, yaitu: 1. Emosi keagamaan, yang menyebabkan manusia itu bersikap
religius. 2.
Sistem
keyakinan, yang mengandung segala keyakinan serta bayangan manusia tentang
sifat-sifat Tuhan, tentang wujud alam gaib (supernatural) serta segala nilai,
norma dan ajaran dari religi yang bersangkutan. 3.
Sistem ritus
dan upacara yang merupakan usaha manusia untuk mencari hubungan dengan Tuhan,
dewa-dewa atau makhluk-makhluk halus yang mendiami alam gaib. 4. Umat atau kesatuan sosial yang menganut sistem
keyakinan tersebut dan melaksanakan sistem ritus dan upacara.
Goody
mendefinisikan ritual sebagai suatu katagori adat perilaku yang dibakukan,
dimana hubungaii antara sarana-sarana dengan tujuan tidak bersifat intrinsik,
dengan kata lain, sifatnya entah irasional atau nonrasional. Ritual dapat
dibedakan menjadi empat macam yaitu : 1. Tindakan
Magi, yang dikaitkan denga penggunaan bahan-bahan yang bekerja karena daya-daya
mistik, 2. Tindakan
religius, kultus para leluhur, juga bekerja dengan cara ini, 3. Ritual konstitutif, yang mengungkapkan atau mengubah
hubungan sosial dengan merujuk pada pengertian-pengertian mistis, dengan cara
ini upacara kehidupan menjadi klias, 4. Ritual faktitif, yang meningkatkan produktivitas atau kekuatan,
atau pemurnian dan perlindungan, atau dengan cara lain meningkatkan
kesejahteraan materi kelompok.
Dari teori Goody di atas, maka upacara ukuwala mahiate dapat dikatagorikan pada jenis ritual; tindakan magi, tindakan religius, dan ritual konstitutif. Pada ritual tindakan magi digunakan bahan-bahan di antaranya yakni sapu lidi (ukuwala) dan minyak kelapa (nyuwalai). Pada ritual tindakan religius, upacara ini dihubungkan dengan ibadah puasa Ramadhan dan puasa Syawal, dan masjid dijadikan sebagai sesuatu yang melahirkan ritual ini, serta kultus-kultus leluhur yang disajikan dalam proses ritual ukuwala mahiate. Pada tataran ritual konstitutif ini, ditemukan hal-hal yang gaib, ketika Imam Tuny bermunajah dan berdo'a kepada Allah Swt untuk mendapat pertolongan untuk menyambung tiang masjid yang patah atau retak tersebut. Maka dengan kebesaran Allah Swt lewat minyak nyuwelai matehu / minyak tasalah dengan kekuatan mistiknya maka kayu tersebut tersambung kembali.
Pada tataran ritual konstitutif ini, ditemukan hal-hal yang gaib, ketika Imam Tuny bermunajah dan berdo'a kepada Allah Swt untuk mendapat pertolongan untuk menyambung tiang masjid yang patah atau retak tersebut. Maka dengan kebesaran Allah Swt lewat minyak (nyuwelai matehu/ minyak tasalah) dengan kekuatan mistiknya maka kayu tersebut tersambung kembali.
Sehubungan dengan itu
masyarakat negeri Mamala mengekspresikan sebuah kemenangan setelah melaksanakan
puasa di bulan Ramadhan dan dilanjutkan dengan puasa sunnah Syawal kemudian
puncaknya dilaksanakan upacara ukuwala mahiate/pukul sapu. Sebuah kearifan lokal
yang dimiliki oleh masyarakat negeri Mamala dengan memadukan pemahaman dan
pengamalan ajaran agama dengan muatan kebudayaan lokal. Tiga moment serangkai yang
tidak bisa dipisahkan yakni pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan, puasa sunnah di
bulan Syawal, dan upacara ritual ukuwala mahiate. Terkait dengan ini dalam buku
M. Natsir H.A.R. Gibb mengatakan bahwa Islam is indeed much more than a system
of theologi, it is a complete civilization (Islam sesungguhnya lebih dari sekedar
sebuah agama, ia adalah sualu peradaban yang sempurna ).
Dalam upacara ukuwala mahiat / pukul sapu terdapat makna-makna kearifan budaya lokal yang terlahir dari interpretasi
konteks sejarah keagamaan yang dialami oleh komunitas masyarakat negeri Mamala
untuk dipentaskan dalam sebuah tradisi adat yang sangat kuat yang diwariskan
dari budaya leluhur mereka dan diteruskan untuk genarasi berikutnya sampai
sekarang Masyarakat negeri Mamala di Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah
mempunyai.satu adat berupa upacara ritual ukuwala mahiate. Upacara ritual ini
dilaksanakan setiap tahun sebagai bagian dari kegiatan keagamaan. Upacara ritual
ini lebih dikenal oleh masyarakat kota Ambon dengan pukul sapu. Upacara ritual
ini menarik untuk di kaji baik dari berbagai sudut pandang. Olehnya itu buku
ini akan meninjau upacara ritual ukuwala mahiate tersebut dari sudut pandangan
teologi dan antropologi agama. Topik utama adalah Pelaksanaan Upacara Ritual Ukuwala
Mahiate disertai simbol-simbol yang digunakan serta makna simboi-simbol tersebut.
Olehnya itu buku ini akan meninjau upacara ritual ukuwala mahiate tersebut dari sudut pandangan teologi dan antropologi agama. Topik utama adalah Pelaksanaan Upacara Ritual Ukuwala Mahiate disertai simbol-simbol yang digunakan serta makna simboi-simbol tersebut.
Untuk kajian lebih lanjut,
bukunya dapat diperoleh di toko-toko buku seluruh Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.