‘Een van zijn twee wijven
schoot daar tusschen’ Koloniale geschiedenis in een Indische roman, een Ambonse
hikajat en een Hituese kapata
Hans Straver dipublikasikan di
Indische Letteren. Jaargang 14
"Salah Satu Dari Putaran Kedua
Istrinya Atau Mereka' Sejarah Kolonial Di Novel Nedherlans-Indie, Sebuah Hikajat Ambon Dan
Kapata Hitu"
Hans Straver
Rumphius membuat sejarah Ambon ( 1687 ) melaporkan episode dramatis selama penyerangani benteng Kapahaha Hitu, di pagi hari 25 Juli 1646. Dia melaporkan bahwa kapten benteng hampir jatuh ke tangan tentara VOC. Kami mengusahakan dia untuk memahami, tetapi salah satu dari dua istrinya menghalanginya, akhirnya ditembak mati, dan dia pun dalam keadaan darurat [ ..}1
Bagian singkat ini telah menimbulkan serangkaian
imajinasi perjuangan kolonial antara Hitu dan VOC, merupakan novel sejarah
Indonesia yang dibuat pada tahun 1844, sebuah Hikajat Ambon dari tahun 1901 dan sejarah Tanah Hitu. Pada artikel ini terlihat kita mengikuti jejak dan kejadian atau fakta yang diabaikan dalam
literatur dan dalam budaya lisan Maluku
Untuk Kelangsungan Hidup Hitu
Hitu adalah nama dari
semenanjung utara Ambon. Saat itu, ini adalah hanya sebuah konsep geografis ,
tetapi pada awal abad ketujuh belas, disebut sebagai negara Hitu oleh East
India Company dalam realitas politik. Yang dimaksud bukan kesultanan, seperti Ternate dan Tidore di Maluku Utara ,
namun berhubungan dengan tujuh asosiasi negeri, dengan ' pemerintah ' dari
empat anggota. Bergantian dilakukan dari
mereka sebagai primus inter pares, Portugis
menyebutnya is Kapitan Hitu [ kapten Hitu ] .
Sejarawan Knaap menjelaskan
tentang Hitu sebagai pemerintahan empat perdana sebagai awal pembentukan negara,
pengembangannya dihasilkan dari ekspansi dan relokasi perdagangan cengkeh dari Maluku
Utara ke Maluku Tengah. Keuletan dalam otonomi politik dan ekonominya, membuat
mereka berusaha untuk melestarikan usahanya adalah duri di mata. Pada tahun
1634, maka Kapitan Hitu Kakiali selama negosiasi ditangkap dan diasingkan ke Batavia.
Dalam tahun berikutnya terjadi kekacauan dan VOC beresiko kehilangan
kendali, dan pada tahun 1637 armada dikirim dari Batavia untuk memulihkan
ketertiban. Dengan armada ini Kakiali datang kembali dan dia mendapat gelar lagi,
tapi harus mendelegasikan fungsinya oleh VOC ditunjuk sebagai menteri. Karena Sakit hati,
ia berhenti. Dan menuju benteng Wawani dimana ia memperkuat hubungan diplomatik
dengan Makassar. Hal ini membuat konflik dengan VOC membara dan di 1643 VOC
menugaskan agar Kakiali dibunuh. Seminggu kemudian Wawani jatuh dan dimiliki oleh VOC dan yang selamat melarikan diri ke Kapahaha, lebih ke arah timur laut.
VOC percaya bahwa ini
adalah waktu yang tepat untuk menjatuhkan pemerintahan Hitu dan mengatur Tanah
Hitu langsung di bawah kontrol. Dalam babad sejarah Ambon Rumphius berpendapat
bahwa kebijakan ini telah dianggap sebagai 'salah satu dari prinsip perang. Antara
1643 dan 1646 Kapahaha adalah benteng terakhir Hitu. VOC berusaha menyerbu Kapahaha
dan ketika terbukti tidak mungkin, maka diadakan pemblokiran pasokan sagu dan ikan.
Blokade dan ekspedisi di daerah awalnya memberikan pengaruh yang kecil, tapi
diperketat setelah itu upaya negosiasi gagal. Ketika larangan semua desa Hitu
masih memancing di laut, hancur. Dukungan mengubah Benteng Kapahaha. pada 25
Juli 1646 itu akhirnya diambil oleh sekelompok kecil tentara yang dipimpin oleh
Kapten Jacob Verheiden, yang datang ketika semua pihak tidak menduganya.
Cerita Versi Morela
Setelah jatuhnya Kapahaha oleh VOC. Yang selamat menetap di pantai yakni di desa Morela. keturunan mereka hidup sampai hari
ini. Mereka menganggap sejarah Kapahaha adalah sejarah mereka. Orang-orang tua
masih dapat menetapkan tempat-tempat di mana pasukan Hitu ditempatkan, di mana bentrokan terjadi dan di
mana dibangun tempatnya VOC. Mereka memperingati pertempuran pada pesta
tahunan adat, dan mewujudkannya dalam lagu-lagu dan tarian. Hal ini juga
dicatat bahwa Tjakalele [ tarian perang tradisional ] tampil sebagai pengingatperan aktif mereka saat
berperang di pertahanan Kapahaha .
Tari Cakalele Srikandi Kapahaha dipimpin oleh "Putidjah" |
Aktualitas Abadi
Lagu-lagu sejarah Morela
baru-baru ini dimasukkan ke dalam bentuk tulisan dan pada tape yang dinyanyikan oleh
Suleman Latukau, tentang sebuah penjelasan adat.4 Secara otoritas Dia juga memberikan penjelasan
dalam bentuk prosa. Publikasinya menunjukkan bagaimana memori penyanyi dan
pendongeng Hitu ini dalam sejarah episode
kolonial ditransfer ke generasi muda. Mereka tidak mengalaminya, tetapi terutama dalam aspek sosial
perjuangan. Oposisi terhadap penghapusan
pemerintah Hitu disertai penghancuran ikatan sosial antara klan, desa dan pulau-pulau yang
masih berada dalam garis keturunan aktual dan
dianggap berharga. Sejarawan lagu berisi panggilan berulang tentang persatuan
dan solidaritas di seluruh batas-batas sempit ikatan keluarga dan masyarakat
desa melalui :
Sole pali nusa
wali aa looka
Memperkuat
persatuan dalam sebuah ikatan keluarga
Ite laha loia peia
yupu yana
Akan selalu
mendukung satu sama lain
Lahat utanata hua
loya hinia
Menjaga kehormatan
tinggi dan tetap satu
Menyanyikan dengan suara lebih
kuat dan menyerukan untuk lebih tergerakkan oleh penderitaan akibat pertempuran yang
telah membawa Kapahaha. Selain itu, orang Morela mempertahankan klaim
historis sebagai posisi terdepan. Penduduk desa tetangga Mamala dijadikan contoh
di awal tahun delapan puluhan, sebuah buku tentang desa di mana sejarah mereka bersama-sama
di bagian mereka sendiri dari perjuangan abad ketujuh belas antara Hitu dan VOC
membawa kenangan. Karena pandangan mereka tentang peristiwa, bagaimanapun, dibantah
oleh Morela, apa yang telah menyebabkan perkelahian kekerasan antara dua desa. Desa
Morela mengganggap dirinya sebagai pewaris dan kustodian dari heroik sejarah
Kapahaha. Status ini jauh dalam beberapa dekade terakhi rmeningkat sejak Hitu menolak
VOC di Indonesia, yang dipandang sebagai bayangan dari perjuangan pembebasan
nasional .
Sejarah Dan Fiksi
Penyanyi dan pendongeng tegas
menjaga nama untuk mengenang orang-orang yang memainkan peran utama dalam
sejarah desa mereka. Dalam episode yang berhubungan dengan perjuangan Kapahaha
, yang terutama Patiwani yang sudah mendapatkan taji sebagai pemimpin dalam
benteng Wawani dan Telukabesi, yang merupakan pimpinan militer. Patiwani tewas
dalam pertempuran di laut, pada mencoba untuk mematahkan blokade. Telukabesi selama
penaklukan Kapahaha bisa melarikan diri, tapi dia menyerah tak lama kemudian oleh VOC. Setelah penahanan singkat, ia dieksekusi .
Istri Telukabesi, yang menurut
Rumphius tewas ketika ia melemparkan dirinya di Kapahaha antara suami dan
penyerang nya, di diberikan riwayat desa Morela nama dan wajah yang menurut pencerita
disebut Putidjah dan mereka menyebut para istri Kapahaha memimpin dalam
pertarungan. Selanjutnya terjadi kejutan di mana dia mendengar dengan dikatakan
bahwa Putidjah ini awalnya gadis Belanda. Dan apakah komunikasi yang masih belum
cukup menakjubkan, tambahan lagi ia menambahkan bahwa ia ditembak pada jam suci
oleh ayahnya sendiri, Kapten Jacob Verheiden
Apakah Istri Telukabesi adalah
benar-benar Belanda dan apakah memang membunuh putrinya sendiri? Rumphius
tidak menunjukkan ada orang Ambon dalam sejarah, maupun Ridjali yang selamat
dalam penaklukan Kapahaha dan selama pengasingannya di tahun-tahun berikutnya, Hikajat Tanah Hitu. Sumber
abad ketujuh belas ini tidak menyebutkan bahwa dalam peristiwa tersebut bahwa saksi mata benar-benar tidak bisa
melarikan diri .
Sejarawan kontemporer Maluku
tidak yakin tentang historisitas cerita. Beberapa menyarankan hati-hati bahwa
itu adalah ' rakyat '. Namun, ini asumsi menimbulkan lebih banyak pertanyaan
daripada jawaban. di sejarah desa umumnya sedikit ruang untuk dramatis keterlibatan. Selain itu, mereka merupakan sebuah genre suci yang memiliki perawatan
terbesar harus diambil: bukan tidak mungkin bahwa pendongeng sejarah leluhur sadar
dengan unsur-unsur fiksi seperti herbal. Jadi pertanyaannya tetap : mana
cerita ini ?
Sebuah Novel Sejarah Indonesia
Sejarah istri Belanda
Telukabesi , yang adalah oleh tembakan ayahnya sendiri adalah tidak benar, tapi
dia tidak bermunculan dari imajinasi populer. Dia berasal dari pena sastra
William Leonard Ritter. Penulis ini hidup di tengah-tengah abad terakhir,
sangat aktif dalam sastra hidup Batavia.7 Pada 1843 dan 1845 muncul
tangan sukses dengan campuran buah jurnalistik , sketsa topikal tata krama dan
sejarah cerita . Kontribusi yang paling ambisius untuk dua - bagian bundel New
India Cerita dan kenangan dari yang sebelumnya dan di zaman modern ( 1845 )
adalah lengkap novel sejarah sekitar empat ratus halaman, berjudul
Toeloecabesie. setahun Sebelumnya, pada tahun 1844 , novel ini sudah dalam
bentuk serial dicetak dalam Journal of Hindia Belanda .
Ritter dibesarkan di Batavia dalam denyut nadi kehidupan sastra di Belanda. Di babak kedua dan tiga puluhan
membawa penulis Oltmans, Van Lennep Nurani Toussaint dan novel sejarah
membuahkan hasil. Genre diterima dengan baik pembaca sipil baru yang membiarkan
dirinya terbawa bersemangat untuk warna-warni tanah masa lalu dan menikmati
dramatis, romantis dan belum cerita mendidik. Ritter melihatnya sebagai
tantangan untuk menempatkan bahan narasi untuk novelnya
Di masa lalu Hindia Belanda
dan memilih episode sejarah persis dua ratus tahun sebelumnya seperti. Amboina
di 164, di subtitle dari novelnya. Sumber sejarah utama Ritter adalah
Valentine New Hindia (1724). Dia mengikuti perannya sebagai peristiwa
sejarah dan mendapatkan Telukabesi, dalam terminologi Drop, ditandai sebagai '
dalam sejarah berulir roman'.8
Dinamis dan romantis
Novel ini memenuhi semua
aturan genre, dengan konsekuen kekuatan dan kelemahan. Misalnya sangat
disayangkan bahwa cerita Ritter menyela dengan penjelasan panjang lebar dari
sejarah. Tapi novel juga memiliki kualitas. Banyak perhatian telah dibayarkan
kepada cerita fakta tentang praktik
penting, khususnya yang Muslim lokal pada abad ketujuh belas. Pembaca diperkenalkan
ke kerumunan karakter sekitar tokoh sentral dari istri setia yang oleh Ritters disebut
Tiedja. Dia dinamai Khadijah, istri Nabi Muhammad. Di sisi lain sosok
pahlawan muda Hitu impulsif Toeloecabesie [Telukabesi] nasihat ayah nya
Patiwani, didorong imam Ridjali dan kepala kampung Latoewiloeloe. Yang terakhir yang muncul
sebagai pengkhianat setelah Se Tiedja menolak kemauan dan memberi hatinya untuk
saingannya Toeloecabesie. Di sisi VOC kami menemukan sosok Gubernur Gerrit
Demmer, melalui kehidupan kapten Jacob Verheiden,
Plot novel ini berkisar tentang penuturan sekitar rahasia “Tiedja” ini. Verheiden memiliki anak yang sangat muda selama
kapal karam antara Buru dan Seram untuk kemudian diikat pada tong kayu dan
dipercayakan kepada gelombang. Balita dihanyutkan di pulau Buano dan diadopsi oleh Patiwani. Pada saat usianya telah cukup untuk menikah, maka dinikahkan dengan
Toeloecabesie ini. Meskipun dia sepenuhnya mencurahkan kasih untuk suaminya dan
perjuangan melawan VOC, namun dia masih dihantui kenangan dari kehidupan
sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.